Pages

Subscribe:

Pengikut

Sabtu, 13 Maret 2010

...Tokoh-Tokoh Muslim dan Perananya...


E. Tokoh-tokoh Ilmuan Muslim dan Peranannya
Peranan cendekiawan muslim sangatlah besar dalam mewujudkan ilmu pengetahuan, cendekiawan adalah sekelompok kaum terpelajar atau intelektual dari golongan islam yang mencurahkan seluruh kemampuannya dalam bidang ilmu pengetahuan.
Islam mengajarkan kepada kita untuk bekerja keras dan rajin dalam menuntut ilmu, karena dengan ilmulah kita akan mendapat derajat yang tinggi baik di sisi Allah atau menusia
Termotivasi dari pemikiran dan dalil inilah banyak bermunculan tokoh atau cendekiawan di kalangan umat islam pada masa itu antara lain sebagai berikut.
1.     Ahli dalam bidang kedokteran, fisika, dan matematika

a)    Ibnu Sina ( ahli kedokteran)
Nama lengkapnya Abu Ali al-Husaini Ibnu Abdullah Ibnu Sina. Beliau di besarkan di lembah sungai Dajlah dan furat, di tepi selatan laut Kaspi, kawasan Bukhara. Pada usia 17 tahun telah mengalami ilmu kedokteran dan di angkat menjadi penasehat para dokter pada masanya, dan di dunia kedokteran di juluki BAPAK KEDOKTERAN DUNIA, karyanya yang terkenal adalah Al-Qanun Fit Tib (Dasar-Dasar Kedokteran), orang barat menyebutnya Avecina

b)   Ibnu Rusdy (Ahli Kedokteran dan Fisika)
Nama lengkapnya Abdul Walid Muhammad bin Ahmad bin Rusdy, lahir di Cordoba Spanyol. Ibnu Rusdy belajar kedokteran, matematika, astronomi, filsafat di antaranya kepada Ibnu Basykawal, Ibnu Masarrah, Abu Ja’far Harun. Ibnu Rusdy adalah ahli dibidang kedokteran dengan karyanya yang terkenal al-Kulliyat, yang diterjemahkan dalam beberapa bahasa di antaranya Inggris dan Jerman. Berkat keahliannya Ibnu Rusdy diangkat menjadi dokter pribadi Khalifah di Maroko. Ibnu Rusdy mempunyai pengaruh besar di Eropa terutama di Universitas, karena karyanya di jadikan referensi. Dia di kenal oleh orang Barat sebagai Averus.

c)    Al-Khawarizmi
Beliau hidup pada tahun 1780-1850 M. beliau adalh ilmuan dalam bidang matematika (al-jabar), karyanya yang terkenal adalah al-jabru wal Muqabbala.

2.    Ahli dalam bidang Sosiologi

a)    Ibnu Khaldun

Beliau hidup pada tahun 1332-1406 M. Ia di kenal sebagai bapak sosiologi dan karyanya yang terkenal adalah Muqaddimah.

3.    Ahli dalam bidang Biologi

a)    Ibnu Awwam
Beliau ahli dalam bidang biologi terutama dalam bidang pertanian, karyanya adalah al-Fallah

b)   Al-Jahiz
Beliau ahli dalam bidang biologi terutama dalam bidang ilmu hewan dan karyanya yang terkenal adalah al-Hayawan

c)    As-Sinai
Beliau ahli dalam bidang biologi khususnya dalam bidang tumbuh-tumbuhan dan pepohonan, karyanya yang terkenal adalah Kitabun Nabati Wasy Syujjar.

4.    Ahli dalam bidang ilmu akhlak

a)    Imam al-Gazali
Nama lengkapnya adalah Abu Hamid Muhammad Ibnu Ahmad al-Gazali yang bergelar Hujjatul Islam, lahir pada tahun 450 H di daerah Tus daerah Khurasa di Baghdad, dan pada tahun 488 di pindah ke Damaskus dengan kegiatan menulis buku-buku dan mendalami ilmu tasawuf, kemudian beliau pindah lagi ke Palestina dan di sini beliau berhasil menulis buku Ihya Ulumuddin (menghidupkan kembali ilmu-ilmu agama). Setelah itu beliau kembali mengajar di Nizamiyah tahun 494 H dan hanya bertahan 2 tahun, kemudian kembali ke kota kelahirannya dan mendirikan sekolah hukum.
Banyak karya beliau dalam berbagai di siplin ilmu, karena ketenarannya banyak ilmuan barat terutama dalam bidang filsafat mengikuti pendirian beliau seperti Pascal dari Prancis, Thomas Aquinas dari Italia dan sebagainya.
Adapun karya Imam al-Gazali yang di terjemahkan oleh ahli-ahli barat antara lain :
-       Tahafutul Falasifah di terjemahkan oleh Cerra de Vaux
-       Beberapa pasal Ihya Ulumuddin di terjemahkan oleh D.B. Mac Donald
-       Al-Munqid Mihad Dalal di terjemahkan oleh Barboer de Meynard

b)   Imam al-Mawardy
Beliau ahli dalam bidang akhlak dan wafat tahun 1053 M. karyanya yang terkenal adalah Adabud Dunya Wad Din.

c)    Ibnu Maskawaih
Beliau juga ahli dalam bidang akhlak seperti Al-Gazali dan   Al-Mawardy, bukunya yang terkenal adalah Tahzibul Akhlak dan Imamul A’zam

5.    Ahli dalam ilmu bidang Tauhid

Ulama yang ahli dalam bidang ini salah satunya adalah Imam Abu Hasan Al Asy’ari, dilahirkan di Basrah hidup pada tahun 260/873 M-324/935 M. beliau berguru kepada Abu Ali Al Jubbai yang berbeda tentang sifat-sifat Allah, maka beliau memisahkan diri dan membentuk paham lain yang diberi nama Asy’ariyah.
Abu Hasan al-Asy’ari banyak mengeluarkan hasil karya sampai sekitar 90 judul kitab dari berbagai disiplin ilmu antara lain :
-       Magalatul Islamiyah, tentang persoalan kepercayaan Islam serta ilmu Kalam.
-       Al-Ibanah’An Usuliddiyanah, tentang kepercayaan akidah dan penjelasan tentang dasar-dasar agama
-       Al-Lama’, tentang ketuhanan, dosa besar, dan akidah

6.    Ahli dalam bidang ilmu fikih (Hukum Islam)

a)    Imam Abu Hanifah (Imam Hanafi)
Nama lengkapnya an-Nu’aim ibnu Sabit at-Tamimi, lahir tahun 80 H/699 M di Kufah. Beliau sangat kuat dalam memegang prinsip dan tidak mengenal berkompromi dalam hal yang bertentangan dengan syariat Islam. Beliau tidak menghendaki adanya taklid, bid’ah, dan khurafat, serta hal-hal yang tak ada dasar hukumnya dari Al-Qur’an dan Hadis. Hasil karya Imam Hanafi dalam ilmu fikih antara lain : Masailul Usul, Masailul Nawadir, dan al-Fatawa wal Waqi’at

b)   Imam Malik bin Anas (Imam Malik)
Nama lengkapnya Malik bin Amar bin Malik bin Amir Asbahy. Beliau lahir pada tahun 93 H/712 M di Yaman. Imam Malik berguru kepada Ulama-ulama Madinah, antara lain : Abdurrahman ibn Hurmuz, Nafi’Maulana ibnu Umar, Ibnu Syihab az-Zuhri dan lain-lain. Beliau mempunyai sifat Tawaduk sekalipun lebih pandai dari gurunya sendiri. Selain sebagai ahli hukum islam (fikih), juag di kenal sebagai ahli, hadis, hasil pembukuan hadisnya yang terkenal al-Muwatta.

c)    Imam Syafi’i
Nama lengkapnya Abu Andillah Muhammad ibnu Idris Abbas ibnu Usman ibnu Syafi’I al-Mutallibi, dari Abdul Mutalib ibnu Abdi Manaf, di lahirkan di Guzzah pada tahun 150 H/767 M. beliau bukan dari golongan hartawan, tetapi seorang anak dari keluarga miskin. Seorang hakim/qadi di Yaman, Mushaf ibn Abdillah Al Quraisy memberikan pekerjaan kepada imam Syafi’i. Karyanya yang terkenal adalah ar-Risalah merupakan kupasan dari dasar-dasar ilmu usul fikih, Musnad Imam Syafi’i, Sirajul Auzany, Ikhtidaful Hadis, al-Fiqh, dan yang paling terkenal adalah al-Um.

d)   Imam Ibnu Hambal
Nama lengkapnya Ahmad Ibnu Hambal ibnu asy-Syaibani. Beliau lahir pada tahun 164 H/780 M di Baghdad. Imam Hambali di kenal sangat teguh pendiriannya. Ketika Khalifah al-Makmun tidak sependapat dengan pendapatnya, beliau tidak mengubah pendiriannya, meskipun berhadapan dengan penguasa.     


3 komentar:

Anonim mengatakan...

Terimakasihh ataas informasinya jadi saya bisa gampang melihat siapa tokoh-tokoh muslim yang menemukan ilmuwanya

from : ILHAM MAULANA DARI SMP NEGERI 5 GARUT

Ardhi mengatakan...

oh ya sama2

Aulia Firdaus Nurrahman mengatakan...

Aaa.. lucu kursornya.. Makasih ini sangat membantu (y)

dari tasikmalaya, smp1 *saat ini

Posting Komentar

my pic

my pic