Pages

Subscribe:

Pengikut

Minggu, 19 September 2010

PERANAN VIRUS

• Peranan virus bagi manusia yang menguntungkan :

 Membuat antitoksin
Cara pembuatan antitoksin ini adalah dengan cara penggabungan DNA manusia ke dalam DNA bakteri dengan bantuan virus. Ke dalam DNA virus disambung DNA manusia yang mengontrol sintesis antitoksin (pelawan penyakit). Selanjutnya oleh virus, gen tadi disambungkan ke dalam sel bakteri. Sel bakteri ini akan memuat gen manusia. Itu artinya bakteri tersebut akan dapat memproduksi antitoksin manusia. Setelah bakteri membelah diri, kemudian antitoksin yang dihasilkan akan diambil untuk melawan penyakit yang menyerang manusia.
 Melemahkan bakteri
Jika DNA virus lisogenik masuk ke dalam DNA bakteri patogen (penyebab penyakit) maka bakteri tersebut dapat menjadi tidak berbahaya. Dengan begitu, bakteri patogen tersebut tidak dapat lagi menimbulkan penyakit pada manusia.
 Memproduksi vaksin
Vaksin adalah patogen (organisme penyebab penyakit) yang telah dilemahkan sehingga jika menyerang manusia, tidak berbahaya lagi. Virus memiliki kemampuan untuk melemahkan patogen tersebut. Vaksin hanya memacu tubuh manusia untuk memproduksi antibodi. Kelak jika patogen sebenarnya menyerang, maka tubuh telah kebal karena berhasil memproduksi anibodi bagi patogen tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

my pic

my pic